Rabu, 17 September 2014

Ilmu & Teknologi Pangan

Jadi pengenalan dulu ya tentang teknologi pangan secara umum. Teknologi pangan adalah disiplin ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) serta pengolahannya dengan menggunakan teknologi terkini guna memperoleh nilai tambah produk pangan itu sendiri dan memperpanjang lifeage produk tersebut. Teknologi pangan merupakan salah satu jurusan yang sangat menarik dan menyenangkan.

Ada beberapa alasan dari saya kenapa memilih ITP yang sayarangkum sebagai berikut :

1) Pengen jurusan yang sesuai dengan jurusan IPA di SMA.

2) Indonesia kaya akan hasil pertanian, sayang banget kalau gak diolah.

3) Pengen jurusan yang prosepeknya luas (bisa apa aja) dan dibutuhkan selama manusia memerlukan nya (kalau masalah makanan/pangan diperlukan selama apa ya , hmm… )?

4) Pengen jurusan yang gak cuma jadi pekerja , tapi bisa buka usaha sendiri.

5) pengen jurusan yang bisa dipakai dari daerah kota banget sampai yang pedalamanbanget.

6) Pengen jurusan yang menyenangkan dan dekat dengan dunia keseharian. , dll


Kuliah di TPHP itu menyenangkan karena kita diperkenalkan dengan keseharian kita yaitu makanan dan diajarkan bagaimana cara untuk mengolahnya, mengemasnya, dan mendistribusikannya. Nah, disiplin ilmu yang paling banyak digunakan di sini 90% kimia dan biologi karena untuk menghasilkan produk pangan berkualitas membutuhkan bahan biologis dan kimiawi. Selain itu, mata kuliah fisika dan matematika masih tetap dibutuhkan karena bagian tertentu masih relevan dengan jurusan ini. Apalagi matematika, dibutuhkan banget, karena nanti kalau kita mau buka usaha kita harus memikirkan untung-rugi, peluang, statistic penjualan, dan lainnya. Terus kalau yang suka masak-masak, suka jual-menjual (berwirausaha) , yang suka bereksperimen membuat produk pangan baru , ini tempat mu !


Jadi, untuk semester 1 dan semester 2 masih paketan dari universitas. Semester 1 mata kuliahnya masih yang dasar dan mirip dengan materi sewaktu SMA hanya saja lebih mendalam, yaitu :

- Kimia Dasar Organik - Kimia Dasar Anorganik

- Biologi Sel - Sifat Fisik PHP

- Matematika Dasar - Fisika Dasar

- Pengantar Teknologi Pertanian - Pendidikan Kewarganegaraan

- Bahasa Inggris

Di semester selanjutnya akan mendalami yang lebih luas lagi. Karena saya masih angkatan baru, jadi matakuliah di semester selanjutnya aku tulis satu (digabung) berdasarkan buku panduan akademik , yaitu :

Mata Kuliah Wajib

Matematika Terapan * Statistik * Mikrobiologi Umum* Mikrobiologi PHP * Kimia Pangan * Kimia Fisika * Satuan Operasi I-III(Satop) * Ilmu Gizi * Uji Sensoris *Ekonomi Teknik * Dasar Ekonomi dan Management * Perancangan Pabrik I-II * Analisis PHP *Alat dan Mesin Pengolahan * Toksikologi dan Keamanan Pangan * Pengendalian Mutu * Metodologi Penelitian dan Perancangan Percobaan * Kerja Praktek * Teknologi Pengemasan * Evaluasi Gizi dan Sensoris Pangan * Rekayasa Proses PHP * Lingkungan dan Pengolahan Limbah, * KKN dan beberapa lagi.



Nah, itu lah mata kuliah wajib di semester selanjutnya. Ada Ekonomi dan Dasar Management untuk membantu di bidang management dan pemasaran, ada Teknologi Pengemasan dan Keamanan Pangan , ini berguna untuk kita dapat mengemas (packaging) produk yang bermutu dan aman dikonsumsi. Terus belajar uji sensori, ilmu gizi dan analisis pangan. Kita juga belajar perancangan pabrik dan pengolahan limbah. Nah, yang ini berguna banget kalau kita berencana pengen mendirikan sebuah pabrik. Meskipun perancangan pabriknya masih sederhana tapi bagus guna bekal ilmu, dan pengolahan limbah penting sekali mengingat pabrik harus tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah berbahaya ke alam , ada baiknya diolah dahulu untuk menghasilkan limbah ramah lingkungan atau bahkan menghasilkan produk olahan limbah seperti biogas, bio massa. Dan, katanya nih yang paling sulit adalah mata kuliah Satuan Operasi (Satop) . Aku sih belum tahu-menahu satop itu apa, tapi kata kakak-kakak tingkat itu sulit banget, liat aja ada Satop I sampai Satop III + praktikumnya. Terus Kerja praktek dilakukan sekitar pada tahun ketiga (semester 5) , Jatek itu seperti magang di pabrik/perusahaan makanan. Dan KKN di semester terakhir , dilakukan pengabdian masyarakat di desa-desa di seluruh Indonesia (pilih sendiri kelompok dan tempat KKNnya).

Mata Kuliah Pilihan

* Teknologi Susu * Teknologi Buah dan Sayur * Teknologi Pengolahan Kopi * Teknologi Pengolahan Kakao * Teknologi Daging & Ikan * Teknologi Minyak & Lemak * Teknologi Legum, Serealia,dan Umbi * Teknologi Karet & Tembakau * Teknologi Pengolahan The * Teknologi Gula * Teknologi Bakery * Dasar Pemprograman * Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen * Bioteknologi Pangan * Industri Jasa Boga * Kewirausahaan * Teknologi Fermentasi * Teknologi Enzim * Formulasi dan Fortifikasi GIzi * Pengembangan Produk Pangan * Management Mutu * Regulasi Pangan * Pangan Fungsional dan Darurat * Teknologi Perisa (Flavoring) * Pengendalian Proses * Pengembangan Proses * Proses Termal * Riset Operasi , dan beberapa lagi.

Lulusan ITP itu kerjanya luas. Kebanyakan kerja di pabrik/perusahaan bidang pangan, seperti PT Unilever, PT Nestle, PT Frisian Flag, PT IndoFOOD, PT TPS Food, PT Heinz ABC, Kraft, dan banyak perusahan bidang pangan lainnya, dengan posisi yang bermacam anatara lain sebagai Factory Manager, Production Plant dan Inventiry Control Supervisor, R & D/ QA Supervisor, Quality Control, Production Supervisor, Mekanik, dan lain-lain.

Terus juga bisa buka usaha sendiri seperti pabrik gula, pabrik susu, pabrik makanan kecil lainnya, buka toko bakery, buka restoran, buka toko makanan, berwirausahan, bahkan bisa kerja di bidang non-pangan. Tapi sedikit yang melenceng dari dunia pangan soalnya kan sayang banget kalau ambil kerja ga sesuai jurusan. Bisa juga kerja sebagai pegawai negeri , seperti kerja di BPOM, Bulog, dan kementrian.

Sekarang udah dapat gambarannya kan ? jangan memilih sesuatu dengan alasan buruk (spt: ikut-ikutan doang), tapi pilihlah sesuai minat dan bakat.

BAIKLAH SEMOGA BERMANFAAT............................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar